Selasa, 21 Januari 2014

Judul buku    : Studi Islam Kontemporer
Pengarang    : M. Rikza Chamami, MSI
Penerbit        : Pustaka Rizki Putra
Tahun terbit  : 2012
Kota terbit     : Semarang
Cetakan ke-   : I, Desember 2012
Jumlah hlm.  : 227 halaman
Peresensi       : Nur Faizah Rahmawati

    
                                                              Studi Islam Kontemporer

Islam mempunyai banyak sekali sesuatu yang membuat semua orang penasaran tentang apa yang selalu menjadi buah bibir, bahkan tidak jarang menimbulkan pro ataupun kontra. Islam mampu menurunkan banyak interpretasasi tentang banyak hal, diantaranya adalah masalah ritual(syari’at), etika(akhlak), berkehidupan (muamalat). Islam sebagai millah (ajaran) ad-dink (agama), kebudayaan, peradaban, bahkan mengilhami manusia selalu berfikir (filsafat). Sehingga apabila berbicara mengenai Islam sudah bisa dipastikan tidak akan habis, karena memang mempunyai kekayaan /khazanah keIslaman.
Khazanah keIslaman memang sangat beragam, hal inilah yang memicu banyak perdebatan. Namun, jika ditarik sisi positifnya perdebatan tersebut mampu memotivasi umat manusia untuk selalu mencari dan mencari. Dalam buku “Studi Islam Kontemporer” karya M. Rikza Chamami, M.SI mampu memberikan sudut pandang lain mengenai keIslaman yang bersifat historis, mistis, informatif, edukatif, serta pendorong melakukan observatif. Dari peristiwa yang sudah berlalu tersebut, ayah dari Ijlal dan Nayya ini merepresentasikan peristiwa apa saja yang pernah terjadi yang masih perlu dikaji ulang untuk masa sekarang.
Rasa bahasa (sense) dari seorang pria kelahiran kudus, 20 maret 1980 ini sangatlah pas jika disuguhkan kepada semua kalangan, tidak hanya kalangan mahasiswa saja, namun semua kalangan luas yang penasaran akan khazanah keIslaman. Rangkaian kata yang sederhana, deskripsi peristiwa yang sangat singkat, dan pencuplikan buku-buku babon sangatlah bisa meyakinkan khalayak umum.
Dalam buku tersebut, sekretaris laboratorium ini mencoba membawa pemnbaca menyelami peristiwa penting serta membuka pandangan dari flash back kepada realitas sekarang ini. Seperti halnya dalam bab sepuluh memaparkan peradaban Islam yang seolah-olah memberikan sentilan kepada umat Islam sekarang untuk mengembalikan bangunan fundamental yang tidak hanya berorientasi pada materi saja, namun kepuasan spiritual juga.
Selain itu juga adanya analisa pemikiran para tokoh juga mampu dijadikan acauan atau ukuran dalam menentukan langkah. Dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo semarang dalam setiap bab dalam bukunyapun memberikan simpulan atas apa yang sudah dipaparkan. Di situlah muncul interpretasi maupun amunisi untuk umat Islam membangun peradaban Islam yang dulu menjadi pesain peradaban barat, dan cina. Seolah sangat mengharapkan terwujudnya kekuatan manusia yang kokoh dalam bingkaian Islam yang nantinya meraih kembali masa keemasan Islam.
Dalam penulisan buku ini tentunya masih ada secercah kesalahan manusiawi, yang tidak mempengaruhi substansi. Seperti halnya pemilihan kata yang tidak linier karena memang gaya penulisan dari sosok Rikza yang santai, sehingga berpengaruh pula pada pemilihan kata. Terkadang ada pula kalimat yang masih membingungkan secara substansi, sehingga penulis harus memberikan kalimat susulan yang bertujuan menjelaskan. Selain itu juga secara teknis penulisan daftar isi yang tidak sesuai.
Selain itu juga terdapat kekurangan dalam memunculkan tokoh Islam yang kemudian mampu dibandingkan dengan pemikir barat. Sebab, dengan demikian akan lebih memberikan jaminan bahwa memang produk Islam itu mampu menandingi. Dengan begitu corak pemikiran Islam dengan yang lain akan mampu dibaca dengan jelas.
Walaupun masih terdapat kekurangan dalam buku ini, alangkah bahagianya jika semua kalangan umat manusia membaca buku ini. Sebab, sangat jarang ada buku yang menyajikan sesuatu yang penting-penting saja. Apalagi harganya yang mampu dijangkau oleh semua kalangan. Oleh karena itu, silahkan mengenali Islam melalui buku ini. Selamat berpetualang dengan mata, pikiran, dan uang untuk mendapatkan khazanah intelektual keIslaman dari buku ini. Selamat membaca dan menikmati! Wa Allahu al A’lam bi al Shawwab


Tidak ada komentar:

Posting Komentar